Tips Sukses Membangun Bisnis MLM

Ini ilmu berisi 10 tips supaya kita bisa sukses dalam membangun bisnis MLM. Mari kita simak, semoga bermanfaat

Tips ke-1: Rutin Merekrut

Distributor/Leader MLM harus rajin merekrut anggota baru. Hampir semua distributor/leader sukses mengakui bahwa kunci sukses mencapai level penghasilan tinggi adalah dengan rajin mensponsori anggota baru. Kita bisa mengkalkulasi berapa penghasilan yang ingin kita dapatkan dengan mencapainya sesuai jumlah anggota baru. Sekalipun kita sudah mencapai level penghasilan tinggi kita tetap harus merekrut anggota baru.

Tips ke-2: Membina Leader

Meskipun rutin merekrut, yang lebih penting lagi adalah menemukan anggota (member) yang bakat sebagai seorang leader. Pemimpin inilah yang kelak dapat kita andalkan untuk membantu jaringan MLM yang kita kembangkan. Dalam kenyataannya, banyak distributor baru yang hanya puas sebagai pelanggan namun tidak berniat mengembangkan bisnis. Binalah calon leader ini dengan baik agar dapat bekerjasama dengan kita.

Tips ke-3: Persistensi dan konsistensi

Distributor MLM harus memiliki persistensi (kegigihan) dan konsistensi (ketekunan) di bidangnya. Dalam menjalankannya pasti banyak halangan maupun rintangan. Perbedaan antara leader yg sukses dan yang biasa saja adalah sikap mereka dalam menghadapi tantangan maupun hambatan. Leader yang sukses adalah leader yang tahan banting dan tidak mudah menyerah.

Tips ke-4: Serius Berbisnis

Seorang leader yang sukses tidak menganggap bisnisnya sebagai pekerjaan sambilan. Mereka betul-betul serius menjalankan bisnis, dan mau mebekali bisnisnya dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan seperti: telepon, komputer, kartu nama, flyer, website atau blog. Mereka tidak suka terlalu bergantung pada upline. Mereka layaknya seperti pengusaha mandiri yang memiliki perusahaan sendiri atau seperti para penerima waralaba (franchise).

Tips ke-5: Mitra Tepat

Carilah downline yang mau memakai produk kita, mau melakukan pertemuan rutin, mau membuat daftar prospek, mau menuliskan tujuan. Mau menetukan jumlah jam aktif, dan benar-benar mau menjalankan bisnisnya.

Tips ke-6: Pengetahuan Produk

Pengetahuan produk diperlukan bagi distributor MLM yang ingin memperluas jaringan pemasaran. Hal yang paling mendasar adalah kita harus menguasai dengan baik pengetahuan tentang produk dan sistem bisnis yang kita tawarkan. Orang akan mundur jika menganggap sistem bisnis kita terlalu rumit atau terlalu sulit untuk diaplikasikan.

Tips ke-7: Beri Penghargaan

Distributor MLM harus pandai pula memberi penghargaan kepada downline-downlinenya agar mereka terpacu untuk mengembangkan usaha. Inilah celah yang dapat kita gunakan untuk memotivasi mereka agar semakin bersemangat untuk mengembangkan usaha. Penghargaan tersebut dapat kita berikan berupa barang atau pujian.

Tips ke-8: Duplikasi

Ini merupakan syarat mutlak bagi kesuksesan bisnis MLM. Semakin baik kita melakukan duplikasi, semakin besar jaringan kita berkembang. Tanpa duplikasi, efek penggandaan di dalam bisnis network marketing seperti MLM tidak akan berjalan lancar.

Tips ke-9: Solid

Kesuksesan jangan membuat kita lengah. Kita tidak boleh berhenti. Kita harus terus bekerja keras untuk memperkuat jaringan. Sudah umum terjadi dalam bisnis MLM setiap dua langkah maju ke depan selalu diikuti satu langkah mundur ke belakang. Jadi, milikilah target pribadi untuk berprestasi. Contoh: jika kita butuh 10 member baru maka kita harus mampu memprospek 15 – 25 orang calon member.

Tips ke-10: Keyakinan

Kita harus yakin sepenuhnya terhadap perusahaan MLM yang kita pilih untuk mewujudkan mimpi kebebasan finansial.

Sumber: Buku Multilevel Marketing, Money Game & Skema Piramid

Advertisements

Leave a comment

Filed under Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s